3 Kuliner Indonesia ini Masuk Daftar UNESCO

Dengan alasan untuk melestarikan dan juga mempromosikan kuliner, suatu negara banyak mendaftarkan kuliner khas ke UNESCO.

Demikian pula halnya dengan Indonesia, pada akhirnya UNESCO mengakui tiga kuliner Indonesia sebagai warisan budaya tak benda dunia.

3 Kuliner Indonesia Warisan Budaya Non Benda

1.Rendang

Pernah menjadi kuliner paling Enak di dunia versi CNN pada tahun 2018 dan nomor 2 paling enak pada tahun 2021.

Melansir Archyworlds, rendang dipatenkan oleh UNESCO sebagai warisan budaya tak benda Indonesia sejak tahun 2013. Jauh sebelum didaftarkan pada organisasi tersebut, rendang sudah diakui dunia sebagai makanan khas Indonesia, lho.

Rendang sendiri sudah tercipta ribuan tahun lamanya. Makanan terenak di dunia ini lahir di tanah Minangkabau. Saat tercipta, rendang dibuat dari daging kerbau. Lambat laun, kuliner kaya rempah ini identik berbahan daging sapi.

lumpia semarang
Lumpia Semarang

2. Lumpia

Dilansir oleh Kemendikbud, makanan khas Indonesia hasil asimilasi budaya dengan China bernama lumpia juga sudah terdaftar di UNESCO sejak tahun 2014.

Lumpia memiliki kulit bertekstur renyah saat digoreng, dan lembut ketika dikukus adalah salahsatu makanan khas dari Kota Semarang. Karenanya. sangat mudah menjumpai lumpia sebagai jajanan sampai oleh-oleh.

Pada awal kemunculannya, lumpia berbahan dasar daging babi cincang. Akan tetapi. karena mayoritas orang Jawa dulu tidak mengonsumsi daging tersebut. Isi lumpia diinovasi. Bisa dari rebung, sayuran, daging ayam, maupun campuran sayuran dan daging.

nasi goreng indonesia
Nasi Goreng

3. Nasi Goreng

Walaupun setiap negara ada nasi goreng. Akan tetapi, nasi goreng khas Indonesia berbeda dari negara lainnya. Di mana nasi goreng kita lebih menonjolkan rasa pada bumbu rempah, lho.

Selain rendang, nasi goreng Indonesia rasanya sering mendapat pujian oleh wisatawan asing sampai selebrita dunia. Dan ternyata, kuliner yang disepelekan ini sudah terdaftar di UNESCO sejak tahun 2011, seperti dilansir Kemendikbud.

Sebagai bangsa Indonesia tentunya patut bangga karena banyak kuliner di Indonesia yang sudah diakui oleh UNESCO. Karena itu, kita harus turut andil dalam melestarikan kuliner-kuliner di Indonesia yang sudah sejak lama ada di negeri tercinta ini.

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *