Wallpaper untuk Ruang Tamu agar Terlihat Indah dan Nyaman

Tak hanya untuk menjamu para tamu, ruang tamu juga dapat memberikan kesan tentang penghuni rumah tersebut kepada para tamu. Hal ini karena ruang tamu biasanya merupakan cerminan dari suatu hunian secara keseluruhan.

Nah, agar ruang tamu Anda selalu terlihat menarik dan juga nyaman untuk ditempati, sebaiknya Anda mendesain dekorasi ruang tamu dengan sebaik mungkin. Salah satunya dengan memasang wallpaper yang tepat. Jika belum ada ide, tak ada salahnya menyimak tips memilih wallpaper untuk ruang tamu agar tampak indah dan nyaman.

Tips Memilih Wallpaper untuk Ruang Tamu

  1. Perhatikan Bahan Wallpaper

Secara umum, ada beberapa jenis bahan yang digunakan untuk membuat wallpaper, antara lain paper (kertas), foil, textile, serta vynil. Sebaiknya, hindari penggunaan wallpaper berbahan foil karena bahan ini sangat tipis dan mudah robek. Selain itu, wallpaper foil juga sulit dibersihkan.

Sementara itu, wallpaper textile atau kain juga kurang direkomendasikan karena pemasangannya terbilang sulit. Anda memerlukan tenaga ahli serta perawatannya lebih ekstra. Wallpaper kertas tergolong mudah dipasang, akan tetapi kurang tahan lama karena mudah rusak.

Untuk rekomendasi terbaik, pilihlah wallpaper berbahan vynil. Selain mudah dibersihkan, bahan vynil juga dikenal memiliki daya tahan tinggi terhadap udara lembab. Bahan ini juga tidak mudah robek sehingga sangat cocok diaplikasikan ke dinding ruang tamu Anda.

  1. Pertimbangkan Motif Wallpaper

Selain bahan, selanjutnya yang perlu diperhatikan dalam tips memilih wallpaper untuk ruang tamu adalah motifnya. Pemilian motif akan menentukan tampilan ruang tamu Anda. Pilihlah motif yang sesuai dengan tema hunian atau ruangan Anda.

Misalnya, ruang tamu bernuansa klasik sangat cocok menggunakan wallpaper dengan motif ukir-ukiran yang penuh atau rapat dengan aksen metalik yang tampak elegan. Sedangkan untuk ruang tamu dengan tema modern minimalis akan tampak menarik dengan mengaplikasikan wallpaper bermotif ranting, pohon, maupun bunga.

Di samping itu, pola garis-garis sederhana pada wallpaper juga dapat membuat tampilan ruang tamu Anda tampak simple namun tetap menarik dan berkelas. Dengan begitu, tamu di rumah Anda akan merasa nyaman dan betah saat berkunjung.

Pilihlah motif yang berukuran kecil-kecil dan motifnya jarang-jarang untuk ruang tamu yang berukuran minimalis. Motif-motif besar dan rapat akan memberikan kesan sesak dan sempit jika dipasang di ruang tamu minimalis. Namun, jika ruangan yang Anda miliki terhitung luas, Anda lebih leluasa dalam memilih motif.

  1. Warna Wallpaper

Di samping motif, warna pada wallpaper juga menentukan tampilan ruang tamu Anda. Jika ruang tamu Anda tidak mendapatkan cahaya matahari yang banyak saat siang hari, gunakan wallpaper berwarna cerah.

Selain itu, pilih wallpaper dengan warna yang serasi atau senada dengan furniture yang Anda gunakan. Akan tetapi, jika Anda merasa kesulitan menemukan warna yang sesuai dengan furniture, gunakan warna-warna netral seperti warna krem maupun coklat.

Bagi Anda yang memiliki ruang tamu yang terbilang sempit, siasati dengan penggunaan wallpaper berwarna putih untuk membuat kesan ruangan yang lebih luas. Hindari memilih wallpaper berwarna gelap karena akan memberikan kesan ruangan yang sempit.

Baca juga: Memilih Wallpaper untuk Kamar Tidur yang Ideal

Jika Anda ingin menciptakan suasana tenang, damai, dan segar, Anda dapat memilih wallpaper dengan warna hijau atau biru. Warna-warna ini dapat mempengaruhi perasaan dan pikiran Anda agar selalu segar dan mampu berpikir positif.

Memasang wallpaper dinilai sangat mudah, praktis, cepat, dan menghasilkan tampilan yang semakin cantik. Dengan menerapkan beberapa tips memilih wallpaper untuk ruang tamu diatas, menyulap ruang tamu lebih cantik bukan masalah lagi. Selamat mencoba!

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *